Menjalin Kerjasama Industri

Uncategorized

Jur-AN – Senin, 8 November 2021

Sejumlah kegiatan kunjungan ke industri telah dilakukan oleh Jurusan Administrasi Niaga. Pada Senin, 8 November sebanyak 6 dosen melakukan kunjungan ke dua perusahaan di Jawa Timur. Perusahaan pertama adalah PT Esandar Arthamas Berjangka Surabaya, sebuah perusahaan yang bergerak pada layanan jasa keuangan, khususnya di bidang perdagangan berjangka.

Di perusahaan ini para dosen bertukar informasi terkait dengan mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga yang pernah melakukan PKL/magang di perusahaan ini. Juga dibahas tentang potensi kerjasama lebih lanjut terkait tracer study, program magang, dan rekrutmen. Masukan-masukan yang disampaikan oleh Kepala Cabang PT Esandar Surabaya, Bapak Widi Kurniawan dan tim menjadi bahan untuk pengembangan kurikulum dan mata kuliah yang perlu disiapkan terkait dengan kegiatan layanan jasa keuangan, pasar modal dan investasi. Peluang kerjasama berupa magang mahasiswa dan magang dosen serta kuliah tamu sangat terbuka untuk Jurusan Administrasi Niaga.

Perusahaan kedua yang dikunjungi adalah PT. Indospring, Tbk, sebuah perusahaan industri yang memproduksi pegas untuk kendaraan, baik berupa pegas daun maupun pegas keong (pegas ulir) yang diproduksi dengan proses dingin maupun panas. Perusahaan ini berada di Jl. Mayjend Sungkono no. 10, Desa Segoromadu, Gresik.

Di perusahaan ini tim dosen ditemui oleh Bp. Dyas, Manager Human Capital, Bp. Tri Purwanto, Asisten Manager Training, dan Bp. Wahyu Widiyanto, Manager Operation, yang merupakan alumni Polinema dari prodi Teknik Listrik, lulusan tahun 2003.

Seperti halnya pertemuan di perusahaan sebelumnya, pembahasan difokuskan pada program PKL/magang, baik magang reguler maupun magang 6 bulan. Masukan yang diperoleh dari perusahaan ini adalah bahwa lulusan Polinema diharapkan memiliki kemampuan lebih khususnya di bidang bahasa dan komunikasi, bidang teknik, dan leadership. Selain itu, lulusan juga harus memiliki mental kuat dan fisik yang sehat.

Banyak peluang kerjasama yang bisa diperoleh dari perusahaan ini. Oleh karena itu MoU yang beberapa tahun sebelumnya sudah dibuat dapat diperpanjang dan diperbarui sesuai dengan perkembangan kebutuhan perusahaan dan kampus.

Seminggu sebelumnya, tepatnya pada Selasa, 2 November 2021, sejumlah dosen Jurusan Administrasi Niaga juga berkunjung ke PT Jatim Taman Steel, Sidoarjo. Perusahaan ini memproduksi batangan baja (billet) yang menjadi bahan baku pegas mobil yang diolah di PT Idonspring, Tbk., yang merupakan perusahaan dalam satu grup PT Indoprima.

Tim dosen sempat diajak untuk melihat bagaimana proses produksi billet ini. Selama kegiatan melihat proses produksi ini, tim dosen menggali informasi terkait kompetensi yang dibutuhkan pada tiap bagian proses produksi tersebut.

Pakaian dan perelengkapan safety harus dikenakan saat masuk ke lokasi proses produksi.

Saat sesi diskusi dengan pihak manajemen PT JTS, banyak hal yang menjadi catatan, antara lain bahwa perusahaan sangat welcome terhadap kerjasama dengan dunia pendidikan. Mereka berharap ada kunjungan dari jurusan lain, khususnya jurusan teknik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.